BBM-an di Android dan IPhone

Saya akan membahas tentang aplikasi play store yang baru-baru ini ada pada android yaitu Blackberry Messenger for Android, kita telah ketahui sebelumnya bahwa aplikasi  Blackberry Messenger dahulu hanyalah milik dari Blackberry itu sendiri.  Fungsi dari Blackberry Messenger itu sendiri adalah sebagai alat komunikasi atas sesama pengguna Blackberry, lebih tepatnya ialah Chatting menggunakan Blackberry. Cara menggunakan Blackberry Messenger itu sendiri ialah kita terlebih dahulu mempunyai handphone Blackberry selanjutnya kita saling sharing PIN Blackberry Messenger sesama pengguna Blackberry agar aplikasi Blackberry Messenger itu dapat digunakan, tetapi ada kekurang -kekurangan kita menggunakan suatu Blackberry Messengger yaitu sebagai berikut :

  1. Dengan adanya suatu aplikasi Blackberry Messenger kita  mau tidak mau harus mengaktifkan paket data untuk menggunakannya, dengan adanya paket tersebut barulah Blackberry Messenger dapat digunakan. Intinya adalah menggunakan Blackberry Messenger menambah biaya paket kita dalam menggunakan HandPhone Blackberry karena layanan atau aplikasi ini berbayar.
  2. Adanya paket Blackberry Messenger juga membuat handphone kita selalu aktif atau bergetar selalu ketika ada pesan yang masuk ataupun info yang masuk pada layanan Blackberry messenger tersebut, yang mengakibatkan aktifitas kita terganggu karena adanya pesan-pesan yang masuk dalam Blackberry Messenger. Dengan kata lain itu dapat mengganggu aktifitas kita yang sedang penting.
  3. Membuat baterai handphone Blackberry kita menjadi lebih boros.
  4. Hanya buat trend masa kini saja.

Itulah beberapa kekurangan menggunakan Blackberry Messenger, tetapi dibalik suatu kekurangan pastilah ada kelebihan. Kelebihan Blackberry Messenger itu sendiri salah satunya ialah menjadi tempat chating untuk pengguna sesama handphone Blackberry, itulah yang membuat iri brand-brand lain untuk mempunyai produk yang sama ataupun serupa dengan Blackberry Messenger buatan Blackberry. Maka pada akhir ini rilislah aplikasi di play store smartphone Android yaitu Blackberry Messenger for Android yang serupa dengan Blackberry Messenger pada Blackberry.

Memang pada awalnya pihak Blackberry mengumumkan rilisnya aplikasi Blackberry Messenger di playstore untuk Android pada bulan September 2013, tetapi pada hari pertama rilisnya Blackberry Messenger for Android beban server mencapai kurang lebih satu juta pendownload serta mendaftar hanya dalam kurun waktu 8 jam saja. Hal inilah yang menyebabkan server Blackberry Messenger for Android menjadi turun, oleh karena banyaknya pengguna sehingga aplikasi ini di cabut untuk sementara waktu dari play store untuk memperbaiki servernya yang masih bermasalah. Tetapi tidak lama dari itu pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2013 pihak BBM.com menyatakan kembali Aplikasi Blackberry Messenger for Android sudah dapat di download kembali serta dapat digunakan. Tapi apa sajakah kelebih dan kekurangan aplikasi Blackberry Messenger untuk android di bandingan Blackberry Messenger pada Blackberry.

 

Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Messenger for Android

 

Kelebihan Aplikasi BBM Android  :
Jika kita lihat dari sisi kelebihan aplikasi Blackberry Messenger for android, itu terletak pada status aplikasi yang bersifat multiplaform sehingga aplikasi ini dapat kita gunakan di Handphone ataupun Smartphone Samsung, Advan, Mito, LG, HTC, Sony xperia, dan juga pada ponsel iOS dengan syarat OS yang sudah ditentukan yaitu sebagai berikut:

 

1.Cek Kelayakan

Sebelum kita mendownload dan install aplikasi ini, kita harus melihat verifikasi Android dan perangkat iOS pada handphone ataupun smartphone kita. Blackberry Messenger untuk Android dan iOS hanya dapat berjalan di Iphone dengan iOS versi 6. Sedangkan untuk Android hanya bisa digunakan untuk yang sudah menggunakan Android versi 4.0 ataupun diatasnya

(Ice Cream Sandwich dan Jelly Beans).

 

 

2. Download

Setelah perangkat yang kita miliki sudah mendukung untuk aplikasi Blackberry Messenger. Selanjutnya kita mendownload aplikasi Blackberry for Android pada playstore yang telah ada.

 

3. Masuk ke WEbsite BBM

Setelah kita telah selesai menginstal Blackberry for Andorid, kita dapat langsung masuk ke aplikasi ini. Namun, saat ini BBM di Handphone Android dan iPhone hanya dapat digunakan oleh orang-orang tertentu, yaitu mereka yang sebelumnya telah terdaftar di BBM.com.

4. Harus memiliki akun BlackBerry ID

Untuk menggunakan aplikasi Blackberry Messenger for Android, kita harus memiliki akun BlackBerry ID. Dengan memasukkan account ini, kita akan mendapatkan nomor identifikasi pribadi ( PIN ) yang “melekat” ke account. Jika kita sudah menggunakan ponsel BlackBerry dan BlackBerry ID sudah memiliki account, kita hanya dapat memasukkan transaksi berjalan pada Masuk Blackberry Messenger aplikasi pada Android.

 

Rekomendasi spesifikasi Handphone ataupun Smartphone yang digunakan ialah :

  • Minimal RAM 512MB
  • Best 1GB RAM
  • Memory Internal 1GB 40% free
  • Tipe RAM ARMV7

Kekurangan Kelemahan Aplikasi BBM Android dan iPhone :

Point pertama mengenai kekurangan dan kelemahan aplikasi bbm for android yang pertama ialah pada Baterai android dan iphone anda menjadi lebih boros. Bagaimana tidak, hp android dan iphone sudah banyak memiliki aplikasi social media seperti facebook, kemudian Line, ada juga Kakaotalk, terus whatsapp, serta aplikasi chat lainnya. Jika ditambah dengan hadirnya aplikasi bbm untuk android dan ios tentunya akan lebih mengurangi kapasitas baterai hp android atau iPhone anda. Pemakaian kuota internet menjadi lebih boros. Kekurangan dan kelemahan kedua ini juga kami masih belum mengetahui pastinya, apakah aplikasi bbm di android dan iPhone akan memiliki tarif harga paket internet seperti yang ada pada blackberry. Jika benar, maka bersiaplah untuk lebih mengeluarkan sedikit biaya tambahan.

Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) sudah diluncurkan untuk iOS ataupun Android. Namun tak semua fitur BBM dihadirkan oleh BlackBerry untuk kedua platform tersebut. Namun VP Eksekutif BBM BlackBerry, Andrew Bocking mengungkapkan bahwa pihaknya akan sebentar lagi mendatangkan fitur video serta voice chatting di BBM Android dan iOS.

Dikutip dari CBC, Bocking mengungkapkan bahwa kedua fitur tersebut bakal dihadirkan di BBM Android dan iOS dalam hitungan bulan. Fitur video dan voice chatting sendiri saat ini telah tersedia di BBM untuk handphone BlackBerry. Dengan keberadaan fitur tersebut untuk pengguna Android dan iOS, BlackBerry pun berharap agar para pengguna BBM akan terus meningkat.

Pada kesempatan yang sama, Bocking juga mengungkapkan bahwa aplikasi BBM akan terus menjadi sebuah aplikasi gratisan. Meskipun begitu, pihak perusahaan memiliki strategi untuk bisa mendapatkan uang dari BBM. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan BBM Channel yang juga bakal datang ke BBM Android dan iOS. Dengan adanya BBM Channel, BlackBerry pun bisa memperoleh pendapatan dari marketing serta iklan.

Sumber Artikel :

http://www.hasbihtc.com/kelebihan-bbm-blackberry-dan-bbm android.html#ixzz2mJtWLWfd

http://www.beritateknologi.com/aplikasi-bbm-untuk-ios-dan-android-bakal-memiliki-fitur-video-dan-voice-chatting-dalam-waktu-dekat/

http://tekno.kompas.com/read/2013/10/22/1051443/Ini.Dia.Tampilan.BBM.di.Android

Leave a comment