BBM di Android

Ya, sebenarnya saya sedikit bingung ingin mengulas social network apa karena sudah begitu banyak jenis dan macamnya, sebut saja whatsapp, bbm, instagram, facebook, twitter, line, wechat, path, instagram, dll. (sudah bingung mau nyebutin apa lagi hehe ^_^||). Jujur saja, hingga saat ini yang aktif saya gunakan di gadget adalah facebook, twitter, instagram, path, whatsapp dan BBM. Yang paling sering saya gunakan ya hanya whatsapp, BBM dan Facebook saja, untuk path dan instagram hanya sekedar punya akun saja dan twitter sudah jarang saya gunakan. Karena menusrut saya whatsapp, BBM dan Facebook sudah lebih dari cukup buat chatting dengan teman, diskusi, sharing tugas, dll. .
Dan yang akan saya ulas kali ini adalah BBM untuk android karena sangat sering digunakan oleh remaja saat ini terutama orang-orang di sekitar saya dan sekalian meng-update post-an saya yang lama (https://hambalisb.wordpress.com/2013/12/29/bbm-an-di-android-dan-iphone/).Berbicara tentang BBM di Android pertama kali diluncurkan sekitar bulan September tahun lalu (2013). Di awal peluncurannya BBM di Android masih memimiliki banyak kekurangan dari BBM yang ada di handphone Blackberry yang sebenarnya seperti :
• Fitur Pengaturan Profil Picture (gambar PP) – Gambar PP menampilkan foto pemilik BB. Kita dapat mengganti foto profil dengan bebas, membesar-mengecilkan foto, memutar, dsb, sebelum kita merasa pas untuk menyimpannya sebagai foto PP. Namun sayangnya, fitur pengaturan gambar PP pada Aplikasi BBM di Android tidak menyediakan fitur untuk membesar-mengecilkan foto secara keseluruhan, sehingga foto yang berbentuk memanjang (landscape maupun portrait) tidak bisa ditampilkan secara utuh. Ada bagian yang harus terpotong (crop).

• Fitur Auto-Text – Auto Text adalah kumpulan ikon, simbol, maupun teks unik, baik satuan maupun susunan yang membentuk pesan secara simbolik yang unik. Pada platform Blackberry, kita dapat menyimpan koleksi autotext ini dan menggunakannya sewaktu-waktu dengan hanya mengetikkan kata-kata pengganti. Kekurangan aplikasi BBM di Android lagi-lagi tidak mendukung adanya fitur Auto text ini.

• Fitur Back-Up – Untuk melakukan back-up contact, dapat dilakukan melalui menu settings. Namun opsi ini tak tersedia pada Aplikasi BBM di Android & iOS.

• ID Account – Pada saat pertama kali menginstal aplikasi BBM di Android, kita akan menemukan 2 opsi, yaitu: Membuat account baru atau Sign-In dengan account lama. Pengguna bisa saja memilih opsi yang kedua, yaitu menggunakan ID yang sudah ada. Hal ini memang sangat praktis, karena akan mengimpor secara otomatis semua kontak yang anda miliki pada Blackberry anda. Tetapi, hal tersebut dapat menyebabkan aplikasi BBM pada Blackberry lama anda menjadi tak bisa digunakan (error).

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android apabila anda memutuskan untuk tak ingin lagi menggunakan Blackberry lama dengan maksud ingin menggunakan BBM di android saja, maka proses pemindahan kontak (re-invite contact) adalah hal yang cukup merepotkan, terlebih bagi mereka yang jumlah kontaknya telah mencapai ratusan bahkan ribuan.

• Fitur Berbagi PIN – Tidak tersedianya fitur untuk mengirim PIN merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android, sehingga bagi pengguna yang ingin berbagi atau memberi PIN kepada orang lain, harus melakukannya secara manual (copy-paste).

• Membuat Kategori Kontak – Bagi pengguna yang memiliki banyak kontak, tentunya seringkali memilah kontak dipisahkan berdasarkan kategori. Misalnya: ‘Teman Kuliah’ ,’Teman Kerja’, ‘Keluarga’ ,dsb. Hal tersebut sangat membantu pengguna untuk menemukan kontak secara cepat. Tidak tersedianya opsi tersebut merupakan salah satu kekurangan aplikasi BBM di Android.

• Voice Call – tidak tersedianya fitur untuk menelpon orang yang ada di kontak bbm kita merupakan salah satu kekurangannya lagi di Android.

• Pending – ini salah satu masalah yang saya anggap cukup menyebalkan, pada awal munculnya aplikasi bbm di android ini terkadang error dalam hal pengiriman pesan/chat, atau lebih dikenal dengan sebutan pending. Sehingga, mengganggu disaat kita sedang chatting apalagi kalau diskusi masalah tugas.

Ya, kalau kita lihat berbagai kekurangan di atas tentu merupakan hal yang biasa karena wajar-wajar saja namanya juga aplikasi yg masih baru tentu berbagai penyempurnaan akan ditambahkan sedikit demi sedikit mengikuti versi berikutnya, seperti halnya aplikasi lainnya. Sekarang ini, BBM di android sudah ada pada versi 2.0. sebelum ke versi 2.0 sudah ada update-an fitur-fiturnya seperti :
• Fitur untuk membuat kategori kontak telah ditambahkan.
• Fitur mengatur dan merapikan Grup BBM.
• Fitur untuk memberikan PIN Barcode melalui menu sharing (hanya sebatas PIN sendiri).

berikut ini fitur-fitur terbaru BBM versi 2.0 di android :

• BBM Voice. Dengan BBM Voice Anda tinggal menekan kontak BBM yang tersedia untuk melalkukan panggilan BBM Voice setelah melihat ikon warna hijau di pojok kanan atas dari obrolan Anda. Untuk memanggil mereka, cukup sentuh ikon hijau dan panggilan Anda akan terhubung.

BBM Channels. BBM Channels memungkinkan pengguna chatting dengan pengguna BBM lain tentang topik yang menarik perhatian mereka . Pelanggan dapat bergabung dengan channel atau saluran tentang berbagai topik dari produk , hobi dan olahraga, hiburan, fashion, mobil dan banyak lagi. Channel tersebut dapat dibuat oleh merek, bisnis dan pengguna BBM yang sama. Cara ini dianggap bagus untuk berkomunikasi secara langsung dan segera dengan orang-orang yang berbagi kepentingan bersama dalam komunitas BBM yang lebih luas. Dengan posting ke saluran mereka , pemilik saluran segera menanggapi pelanggannya dengan pesan yang dapat memicu diskusi.

• Melampirkan Gambar, Catatan suara, lampiran dan lainnya. Dengan BBM versi baru ini anda bisa mengobrol dan berbagai gambar, pesan suara, atau berkas dengan cepat dengan kontak Anda. Snap foto atau memilih salah satu dari galeri Anda, sentuh dan tahan untuk mengirim catatan suara, mengirim acara kalender atau kontak.

• Integrasi Dropbox. Kini dengan BBM terbaru anda bisa mengirim file dari Cloud pribadi Anda langsung ke kontak BBM. Selain itu si penerima bisa juga menyimpan file tersebut langsung ke smartphone Anda atau menambahkannya ke akun Dropbox Anda.

• Emoticon Baru. Dengan rilis BBM terbaru ini, kini tersedia 100 emoticon baru yang besar yang dapat Anda gunakan untuk hal yang menyenangkan saat chatting. Dengan begitu banyak emoticon baru, yang bisa digunakan untuk membantu Anda menemukan hal-hal yang menyenangkan sesuai dengan suasana hatinya.

• BBM Group Lebih Banyak. Karena banyaknya permintaan tentang penambahan jumlah peserta untuk Grup BBM akhirnya BlackBerry mengabulkan permintaan tersebut. BBM versi terbaru bisa melakukan chatting dengan 50 orang dalam Group BBM sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak teman, keluarga atau tim.
Nah, untuk masalah Display Picture akun kita yang terpotong dan Autotext di BBM pada versi terbarunya saat ini memang belum bisa digunakan sebagaimana hp blackberry pada umumnya. Tapi jangan bersedih, download aja di googleplay sudah ada aplikasi pendukungnya.
Segala sesuatu itu diciptakan tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Seabagai pengguna BBM di android banyak sekali manfaat yang saya rasakan, seperti : kita bisa membuat grup diskusi kelompok atau kelas dengan membuat grup di BBM grup, sebagai media bisnis, sharing tugas baik dengan mengirimkan gambar atau file, dll. Selain dampak-dampak positif tersebut, tentu saja ada dampak negatif yang saya alami, seperti baterai lebih cepat habis karena chat-chat yang masuk, Alhamdulillah sejauh ini baru itu dampak negatif yang saya rasakan semoga saja tidak bertambah.
Jika kita berbicara masalah keamanan pada aplikasi yang satu ini, tentu saja sudah cukup aman. Karena, untuk bisa menggunakan aplikasi BBM di android kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke blackberry account dan yang harus kita miliki adalah sebuah email. Jadi, keamanan pada aplikasi ini menggunakan email dan password yang kita buat dan miliki sendiri, asalkan tidak ada yang mengetahui apa email dan password yang kita gunakan, maka akan aman-aman saja.

Saya ucapkan terima kasih banyak kepada :

http://dinda-dimas.blogspot.com/2013/10/kelebihan-kekurangan-aplikasi-bbm-di.html
http://www.didno76.com/2014/02/inilah-fitur-terbaru-bbm-20-untuk.html

 

 

Leave a comment